Senin, 14 Oktober 2019

Jokowi Resmikan Pabrik Bahan Baku Obat PT Kalbio Global Medika

Jokowi Resmikan Pabrik Bahan Baku Obat PT Kalbio Global Medika

Bekasi - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan pabrik bahan baku obat serta produk biologi punya PT Kalbio Global Medika (KGM), anak usaha PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 27 Februari 2018. Direktur PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius menjelaskan Kalbe membangun KGM untuk membuahkan bahan baku obat serta produk biologi di negeri dengan salah satunya produk awalannya erythropoietin atau EPO obat biologi untuk tingkatkan pembentukan sel darah merah.

Vidjongtius berujar program Agunan Kesehatan Nasional (JKN) yang diadakan pemerintah berefek dengan menambahnya keperluan obat di golongan warga. Tetapi persoalan sekarang ialah 90 % bahan baku obat masih di-import di luar negeri.

Kami lihat jika sekarang keperluan obat sebagian besar sudah dapat dibuat di negeri, tuturnya dalam sambutannya di Pabrik PT KGM, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa 27 Februari 2018.

Dia berujar pabrik Kalbio adalah pabrik padat tehnologi pertama di Indonesia yang memakai tehnologi robotik untuk menahan kerancuan, tehnologi bioreaktor perfusi untuk tingkatkan produktivitas, serta tehnologi isolator untuk jamin sterilitas produk.

Vidjongtius menerangkan keseluruhan investasi step pertama PT KGM ini sampai seputar Rp 500 miliar untuk membuat sarana produksi. Diluar itu ditambah investasi riset serta peningkatan dan transfer tehnologi yang sampai Rp 200 miliar melalui kerja sama juga dengan Cina serta Korea Selatan.

Menrut Vidjongtius, dalam lima tahun ke depan pabrik ini diperkirakan akan menghasilkan enam produk biologi untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Diantaranya kanker, diabetes, serta tidak berhasil ginjal, katanya.

Selain itu, Pesiden Jokowi mengutarakan kegembiraannya dengan hadirnya pabrik KGM. Menurutnya, peristiwa ini sentuh langsung segi investasi, pengembangan tehnologi, serta kesehatan.

Jokowi menceritakan dianya sering bertanya pada Menteri Kesehatan serta Menteri Perindustrian kapan Indonesia dapat mempunyai pabrik baru di industri farmasi. Jawabnya 'belum pak, masih proses'. Proses terus kapan awalnya?. Ini hari gw suka sekali pabrik dibuat sepanjang tiga tahun serta telah beropersi, katanya.

Dia menjelaskan kedatangan pabrik ini jadi lompatan buat industri farmasi di Indonesia. Karena pabrik ini berbasiskan bioteknologi.

Mengenai di bagian kesehatan, Jokowi menerangkan pemerintah sekarang menggerakkan pembangunan di bagian SUmber Daya Manusia yang mana bidang kesehatan masuk di dalamnya. Kesehatan ialah target utama, katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar